Jumat, 20 April 2012

Tips Memilih Karburator Seken, Jangan Asal Beli!

Cek jarum berikut skep (kanan)


Ragu dengan kualitas karburator variasi dan mahalnya karburator asli, bisa kok pilih alternatif lain dengan beli karburator seken atau copotan.

CEK JARUM BERIKUT SKEP

Tengok bagian dalam. Disini yang perlu diperhatikan kondisi piston dan jarum skep. “Bila sudah baret, bisa memicu naik-turunnya skep enggak lancar,” tegas Wawan, mekanik.

Juga cek kelurusan jarum skep. Sebab jarum skep berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor di gas dan besarnya diatur oleh terangkatnya jarum skep ini.
Lihat pelampungnya dan fisik karburator
Kondisi jarum pelampung rusak bisa bikin karburator sering banjir. Sebab jarum pelampung berfungsi mengatur masuknya bensin dari tangki ke mangkuk karbu.

Juga Pastikan kondisi pelampung. Pelampung punya tugas mendongkrak posisi jarum agar rapat menutup lubang. Aliran bensin dari tangki pun dibendung.

Agar tidak salah beli, lihat keduanya. Bisa dicek kondisinya dengan cara meniup lubang aliran bensin dan ditahan jarum dengan cara mengangkat pelampungya. Kalau angin tembus, bensin pun bocor.

FISIK KARBURATOR

Pastikan fungsi dan kondisi fisik karburator dengan cara mengcek ulir setelan gas dan angin agar motor bisa langsam. Juga sekrup trhottle screw yang berfungsi menyetel posisi skep.

"Lalu cek lubang venturi. Hindari membeli yang sudah direamer,” jelas Wawan mekanik CMS di Jl. Kebon Jeruk IV, Kota, Jakarta Barat. Pastikan juga baut mangkuk karbu dan keran bensin, apakah masih bagus.
Spuyer dan rumah spuyer juga diperhatikan. Nih wujud karburator KW 2


Lubang pilot dan main-jet harus berfungsi normal dan ulirnya masih bagus. Sebab jika ulirnya dol, main-jet dan slow jet tidak bisa dipasang.

“Jika spuyer dimasukkan ke rumahnya terasa longgar, berarti kondisinya sudah tidak bagus,” jelas Anton dari Cikal Motor Sport di Jl. Kebon Jeruk IV, Kaligot Kecil, Kota, Jakarta Barat.

KARBURATOR KW2

Karbu KW2 sebutan karburator non orisinaldan kerap dijajakan dengan harga miring. Mutunya paling rendah dan jika diaplikasikan ke motor pasti aneh juga susah diseting.

Untuk mengenali ciri karburator ini, "biasanya bahannya lebih enteng, gak ada part number dan lebih terang,”  jelas Johan Untung dari Satria Motor Cycle Parts Jl. Kebon jeruk III No. 36 B, Kota, Jakarta Barat. 


Sumber : Otomotif.net

6 komentar:

  1. Buat yang lagi nyari karburator rx king mampir bro ke blog kita

    Advie Motor & Website Kita Advie Motor Racing Shop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Advie motor
      Lokasi
      Dan harga untuk karbu yg bner2 original (asli)
      Cntumkan WA

      Hapus
  2. Mio gue gak mau hidup,aq tanya ke bengkel katanya susah nyeting karbu vakum mio,kalau di ganti punya rx king bahan bakar boros gak ya gan.

    BalasHapus